Kamis, 31 Mei 2012

Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu


D
iasumsikan Burung Murai Batu bakalan / Bakalan murai batu adalah Burung Murai Batu tangkapan hutan yang belum makan voer dan harganya juga relatif murah. Bukan Burung murai batu anakan / anakan Murai Batu yang merawat dari loloh. Mari kita simak Tips Memilih Bakalan Murai Batu berikut.



Yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan ini adalah:
1. Mata
Hindari membeli Burung Murai Batu yang pada matanya sudah kelihatan tanda adanya katarak, yaitu selaput berwarna putih pada bola mata. Jika Murai Batu sudah katarak, resiko Murai Batu tsb menjadi buta sangat tinggi sekali.
2. Kaki.
Usahakan cari kaki Burung Murai Batu yang berwarna hitam, karena Murai Batu yang memiliki warna hitam pada kakinya, diyakini punya mental berani. Tapi ingat, bukan berarti kaki berwarna lain tidak bagus.
Hindari memilih Murai Batu yang memiliki kuku kaki bagian belakang (kelingking) berwarna tidak sejenis, yaitu satu hitam satu lagi putih.
Kami menyebut kuku yang seperti ini dgn sebutan kuku ******.
MB yang memiliki kuku seperti ini sangat diyakini memiliki mental yang tidak stabil, artinya kalau lagi on fire dia bisa hebat, tapi juga sering down.
3. Ekor.
Cari Burung Murai Batu yang memiliki ekor rapat dan tidak terlalu tebal. Ekor yang seperti ini selain enak dipandang, juga akan membuat Murai Batu memainkan ekornya pada saat ditrek.
Hindari membeli Murai Batu dengan ekor bercabang atau menggunting. Murai Batu ini diyakini memiliki mental tidak stabil.
Hindari juga membeli Murai Batu yang tidak punya ekor, karena kita tidak bakalan tahu bagaimana bentuk dan jenis ekor dari Murai Batu tsb, jika ekornya sudah tumbuh kembali.
4. Bulu Dada.
Kebayakan Murai Batu memiliki bulu dada berwarna coklat, tapi jika anda mendapatkan Murai Batu dgn bulu dada cenderung berwarna kekuningan, maka itu rezeki anda. MB bakalan dengan warna bulu dada seperti ini, biasanya cepat berbunyi dan cepat juga jadi.
5. Usia
Jangan pernah menilai usia Burung Murai Batu hanya berdasarkan pengamatan pada kaki, ini bisa menipu calon pembeli.
Tipsnya, tangkap Murai Batu tersebut, buka mulutnya dan perhatikan rongga mulutnya. Jika masih berwarna putih atau sedikit cerah, maka MB tersebut masih muda, jika sudah berwarna hitam berarti Murai Batu tsb sudah tua dan semakin pekat warna hitamnya, semakin tua usia Murai Batu tsb.
MB bakalan muda juga mempunyai tanda bulu yang masih berbintik cokelat dibagian sayap sebelah luar maupun sayap sebelah dalam.
6. Tingkah.
Jika ada Bakalan Murai Batu / Murai batu bakalan yang pada saat kita pegang dia menjerit kencang dan berusaha mematuk-matuk jari tangan kita, inilah MB dengan mental berani.
MB seperti ini adalah Burung Murai Batu yang menjadi rebutan bagi para hobbies di BNA.
(herryaceh)
Dari Segi Fisik :
1. Bentuk kepala ceper
2. Tubuh panjang setara
3. Ekor tidak panjang
4. Paruhnya sedang.
5. Kretekan keras dan padat.(Moelsip)
6. Pilih patuk yang agak lurus
7. Leher besar panjang
8. Garis hitam didada agak keatas cari yang rata dengan sayap
9. Ekor melengkung mulai pangkal

1 komentar: